top of page
  • Writer's pictureSekolah Linimasa

Petualangan Kelas Aurora Mendaki Gunung Ciremai

|| oleh: Rani Resdiani ||


Kelas Aurora kembali melakukan petualangan di Kota Kuningan. Kali ini kami akan mengenal lebih jauh mengenai Gunung Ciremai, gunung tertinggi di Jawa Barat.


Kegiatan belajar dimulai dengan berbagi pengalaman dengan Kang Ghofar (narasumber) yang sudah sering melakukan pendakian di Gunung Ciremai. Anak-anak diberi kesempatan untuk bertanya pada Kang Ghofar. Sesi diskusi bersama Kang Ghofar dipenuhi dengan keseruan dan antusias dari anak-anak Kelas Aurora. Mereka bertanya banyak hal kepada Kang Ghofar, mulai dari suka-duka mendaki Gunung Ciremai hingga kisah mistis yang pernah dialami oleh Kang Ghofar selama melakukan pendakian.


Sesi diskusi bersama Kang Ghofar


Bersama Kang Ghofar, anak-anak Kelas Aurora juga belajar tentang persiapan yang perlu dilakukan sebelum mendaki gunung. Salah satu persiapan yang perlu dilakukan adalah mengenali kondisi tubuh kita. Sistem gerak menjadi salah satu fokus perhatian sebab saat mendaki gunung, kita akan menggunakan alat gerak kita.


Mengenal sistem gerak manusia (rangka-sendi)


Anak-anak Kelas Aurora juga belajar memasak agar mereka bisa menyiapkan makanan ketika sedang mendaki gunung. Kali ini anak-anak belajar membuat salah satu makanan khas Kota Kuningan yaitu Hucap Tahu. Menurut anak-anak Kelas Aurora, makanan tradisional ternyata tidak kalah enak dengan makanan-makanan modern lho..


Membuat Hucap Tahu, makanan Khas Kota Kuningan


Membangun tenda darurat (bivak) juga menjadi salah satu hal yang dipelajari oleh anak-anak Kelas Aurora. Jika hujan turun tiba-tiba di tengah pendakian gunung, anak-anak Kelas Aurora bisa dengan sigap langsung membuat tenda darurat dari ponco/jas hujan. Kegiatan membuat bivak menjadi salah satu kegiatan favorit anak-anak Kelas Aurora.


Belajar membuat tenda darurat dari ponco


Persiapan terakhir yang dilakukan Kelas Aurora sebelum mendaki gunung adalah membuat senter sederhana. Berdasarkan perkataan Kang Ghofar, mendaki Gunung Ciremai membutuhkan waktu yang cukup panjang terutama bagi orang-orang yang tidak terbiasa mendaki gunung, sehingga kita akan menghabiskan malam di Gunung Ciremai. Maka dari itu, senter menjadi hal wajib yang harus dibawa untuk mendaki Gunung Ciremai.


Kelas Aurora belajar membuat senter dengan rangkaian listrik sederhana


127 views1 comment

Recent Posts

See All

1 Comment


pangmuhamad7
Jun 12, 2022

halo


Like
bottom of page