top of page
Writer's pictureSekolah Linimasa

Teruntuk Ayah Bunda Linimasa

|| Oleh : Unang Lukmanulhakim ||


Tulisan ini disampaikan ketika pembagian rapor Sekolah Linimasa semester I tahun ajaran 2020/2021

---------------------------------------------------------------


Teruntuk Orang Tua/Wali Siswa Linimasa,


Assalamualaikum Wr Wb


Salam sejahtera bagi kita semua.


Tahun 2020 ini merupakan tahun yang tidak mudah bagi kita semua khususnya bagi anak-anak kita, mereka terpaksa belajar dalam segala keterbatasan tidak leluasa seperti biasanya.


Tahun ini juga saya yakin terasa berat bagi Bapak/Ibu orang tua siswa yang harus bekerja dan berusaha lebih keras dari biasanya dalam mendampingi putra-putrinya belajar di rumah. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas usaha pendampingan yang telah Bapak/Ibu lakukan selama ini.


Di tahun ini pula kami para guru di Linimasa mencoba untuk berfikir dan berinovasi lebih demi mensiasati agar pembelajaran di rumah tetap berjalan menyenangkan dan efektif.

Walaupun masih banyak kekurangan, tapi Insya Allah hasilnya cukup baik mengacu kepada kurikulum darurat yang ditetapkan pemerintah. Beberapa perkembangan putra-putri kita tetap terlihat di tengah situasi yang sulit ini. Kami memang menyesuaikan proses pembelajaran dan assessment yang dilakukan sesuai dengan kondisi yang sedang berlangsung, memang pencapaian perkembangan anak tidak akan sebaik pada kondisi normal, tapi saya yakin anak-anak kita tetap mendapat pembelajaran yang penting terutama dalam menghadapi situasi saat krisis.


Demi melengkapi proses pembelajaran pada semester ini, kami memberikan rapor sebagai laporan perkembangan anak-anak kita. Seperti biasa rapor yang kami berikan tidak berbentuk nilai angka melainkan lebih menitik beratkan pada deskripsi penjelasan kondisi anak, karena kami tidak ingin kita terjebak pada penilaian sempit yang akhirnya menghakimi anak dan membanding-bandingkan anak kita dengan anak lain secara tidak adil. Kami percaya bahwa setiap anak terlahir unik, setiap anak punya kemampuan yang berbeda di bidangnya masing-masing sehingga tidak dapat dibanding-bandingkan begitu saja. Rapor yang kami berikan bertujuan untuk melihat perkembangan kondisi anak-anak kita, sehingga kita dapat melihat perbedaan yang terjadi pada awal semester dengan apa yang telah dicapai pada akhir semester.


Penilaian dalam rapor bukanlah pencapaian akhir yang ingin kita capai, ini merupakan proses dalam membangun kemampuan anak secara terus menerus. Rapor merupakan bahan evaluasi bagi kita sebagai orang dewasa yang mendampingi anak, seberapa berhasil metode pembelajaran yang guru terapkan, seberapa berhasil proses pendampingan yang orang tua telah lakukan.


Kami berharap setelah kita menyimak bersama rapor yang telah diberikan, kita dapat bersama-sama untuk memperbaiki kekurangan yang masih ada dan meningkatkan pencapaian yang telah baik. Kami berharap kerja sama dalam mendampingi anak terus dapat ditingkatkan karena kondisi yang akan kita hadapi tidak akan mudah. Tapi kami juga yakin kalau kita terus berkolaborasi dan menghadapinya bersama, semua akan terasa lebih ringan.



Kuningan, 17 Desember 2020


Unang Lukmanulhakim

49 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page